Monday 7 May 2012

Syahrul: Sulsel dan Terengganu Bersaudara

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, menilai Sulsel dan Terengganu Malaysia bersaudara. Hal itu bisa dilihat dengan banyaknya kesamaan di antara kedua daerah itu.

"Selamat datang di Sulsel. Kunjungan ini adalah kunjungan saudara, sahabat, pulang kampung ke Sulsel," kata Syahrul saat menerima kunjungan Raja Sultan Negeri Terengganu Malaysia yang mulia Sultan Mizan Saenal Abidin Ibni Al Marhum Sultan Mahmud Al Muktafi Billah Shah dan permaisuri yang mulia Nur Sahirah beserta rombongan, di Baruga Sangiaseri, Rujab Gubernur Sulsel, Senin (7/5/12).

Syahrul mengungkapkan, hubungan di masa lalu antara Sulsel dan Terengganu Malaysia, sangat holistik, dekat antara satu dan yang lain. Dilihat dari kesamaan adat, budaya, dan dimensi keagamaan.

"Kita bisa mengkreasikan apa yang ada di Sulsel dengan Terengganu untuk kesejahteraan dua negeri yang sangat kita cintai ini," ujarnya.

Mantan Bupati Gowa dua periode itu menjelaskan, Sulsel memang paling dekat dengan Malaysia. Bahkan, dua tokoh Malaysia merupakan keturunan Bugis Makassar, yakni Tun Abdul Razak dan Datuk Najib.

"Hampir di semua wilayah ada orang Bugis Makassar. Karena, kami adalah pelaut ulung, yang berani merantau ke negeri orang," pungkasnya.

Hal senada dikatakan Menteri Besar Terengganu, Dato Seri Haji Ahmad Bin Said. Menurutnya, Terengganu dan Sulsel memiliki banyak kesamaan. Mulai dari agama, budaya, dan adat istiadat.

"Denyut nadi dan perasaan kita adalah sama. Kita menjalin persaudaraan dan persahabatan. Ini adalah lawatan saudara sekampung," imbuhnya.

No comments:

Post a Comment